Author Guideline

UMUM

  1. Jurnal ekonomi dan kebijakan pembangunan mempubikasikan hasil-hasil penelitian dengan spesifikasi bidang ilmu ekonomi, kebijakan pembangunan dan bidang terkait lainnya. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  2. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan dipublikasikan setiap enam bulan dalam setiap tahun, pada bulan Juli dan Desember.
  3. Hak Penggandaan (Copyrights) dari artikel yang telah dipublikasikan menjadi milik Depertemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  4. Naskah harus dalam lingkup dan fokus subjek jurnal.

JOURNAL SCOPE

Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (JEKP) fokus kepada topik ekonomi secara luas, yang mencakup bidang ekonomi regional dan politik, ekonomi industri, ekonomi pembangunan, ekonomi ketenagakerjaan, perdagangan internasional, serta ekonomi moneter dan perbankan. Artikel yang dimuat pada jurnal ini merupakan artikel yang berkualitas tinggi dan mengelaborasi pengembangan pemodelan ekonomi, dan analisa kebijakan ekonomi.

STANDAR PENULISAN

  1. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa inggris dalam format Microsoft word (doc), dengan ketentuan sebagai berikut:
  2. Kertas A4 (21 cm x 21,7 cm) dengan margin halaman; Kiri (3 cm), atas (2 cm), Kanan (2 cm), dan bawah (2 cm);
  3. Jumlah halaman naskah antara 20 - 25 halaman.
  4. Naskah ditulis satu kolom dengan font Times New Roman Konjungsi (dan, di, atau dengan, juga, tentang, bahwa, terhadap, jadi, karena, kemudian, demi,) dan preposisi (dalam, ke, dari, ke, ke, di dalam, melalui, melalui) ditulis dalam huruf kecil.
  5. Tabel dan Grafik menggunakan program micrososft excel dan gambar menggunkan format JEPG.
  6. Istilah asing dicetak miring (italic) dan dicetak tebal (bold) untuk judul dan sub judul.
  7. Naskah disusun dengan urutan: Judul, nama penulis, nama dan alamat lengkap instansi setiap penulis, abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, Kesimpulan serta daftar pustaka.

PEDOMAN UNTUK KONTEN NASKAH

Naskah ditulis dengan peraturan berikut.

  1. TITLE (Times New Roman 12; huruf Capitailze Each Word dan tebal; 1 spasi).
  2. Nama Penulis (Times New Roman 11 dan tebal; 1 spasi).
  3. Afiliasi Penulis (Times New Roman 10.5; 1 spasi), berisi nama lembaga / organisasi / tempat kerja / karya penulis / tempat belajar.
  4. Korespondensi (Times New Roman 10.5; 1 spasi), berisi alamat email penulis pertama

 

 

JUDUL

  1. Judul harus singkat, jelas, spesifik, dan informatif yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Panjang judul minimal 14 kata (diluar kata penghubung) ditulis dalam bahasa Indonesia tau bahasa inggris. Setiap kata pada judul naskah diawali huruf kapital kecuali kata hubung yang tidak terletak pada posisi awal judul.
  2. Nama penulis ditulis lengkap.
  3. Nama lembaga/institusi ditulis untuk seluruh penulis disertai dengan alamat lengkap, sedangkan correspondence author dilengkapi dengan e-mail.

ABSTRAK

ABSTRAK (Times New Roman 11; huruf capital semua dan tebal) dan isinya (Times New Roman 10; 1 spasi). Abstrak manuskrip ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia). Untuk naskah dalam bahasa Indonesia, abstrak bahasa Indonesia ditempatkan di atas bahasa inggris dan tidak melebihi 200 kata dalam setiap paragraf. Abstrak ditulis secara utuh menggambarkan esensi naskah yang memuat latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan, serta mengandung semua kata kunci.

KATA KUNCI (KEYWORDS)

Kata kunci (key words) maksimal 5 (lima) kata atau frasa ditulis 2 spasi setelah abstrak, dan dicetak miring JEL classification untuk mengkategorikan bidang penelitian yang berkaitan ditujuk dari https://www.aeaweb.org/ecolint/jelcodes.php?view=jel (maksimal lima). Kata kunci (Times New Roman 11 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 10), kata kunci ditulis dalam bahasa Inggris; dengan jumlah 3-7 kata kunci.

PENDAHULUAN

PENDAHULUAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi; 6 pt). Pendahuluan ditulis secara efisien dan menggambarkan latar belakang, tujuan dan pustaka yang mendukung.

METODE

METODE (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi; 6 pt). Metode ditulis secara lengkap dan rinci sehingga penelitian tersebut sangat memungkinkan untuk diulang oleh peneliti lain, terutama hal-hal yang menyangkut model, prosedur, pengambilan dan pengolahan data

HASIL DAN PEMBAHASAN

HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi; 6 pt). Deskripsi dan diskusi hasil harus dibuat secara terpisah. Memuat  hasil yang  diperoleh  serta  interpretasi  yang dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

KESIMPULAN

KESIMPULAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi; 6 pt). Kesimpulan bersifat general (umum) yang menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh, bukan merupakan ringkasan hasil.

 

DAFTAR PUSTAKA

REFERENSI (Times New Roman 12 dan tebal) dan sumber bacaan (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Sumber kutipan dan daftar pustaka harus sama. Format penulisan bibliografi mengacu pada The Chicago Manual of Style (CMS). Kutipan dan penulisan daftar pustaka disarankan untuk menggunakan Mendeley. Pengacuan menggunakan referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka jurnal minimum 40 persen

  1. Pustaka yang digunakan adalah pustaka primer (jurnal, disertasi, tesis, dan dokumen paten) yang relevan, tidak diperkenankan mengutip kutipan sebagai acuan pustaka, seperti: Greene dalam Hariyanto (2010).
  2. Penulis  wajib   mengacu   naskah   yang pernah terbit  di  JURNAL  EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN untuk topik yang bersesuaian.
  3. Pengutipan pustaka  dari  internet  hanya diperbolehkan dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan,   seperti   jurnal, instansi     pemerintah     atau     swast Penulisan pustaka dari internet agar mencantumkan tanggal pengambilan data tersebut.
  4. Daftar pustaka memuat nama pengarang yang  dirujuk   dalam   naskah,   disusun menurut   abjad   pengarang   dan   tahun penerbitan.   Penulisan   daftar   pustaka mengacu  pada  harvard  style.  Penulisan pustaka berupa buku: dicantumkan nama penulis. Tahun. judul buku. Penerbit, kota tempat terbit. Penulisan pustaka berupa jurnal: dicantumkan nama penulis. Tahun terbit. judul tulisan, nama jurnal. Volume. nomor publikasi, halaman.   Nama jurnal disingkat  menurut    ketentuan  penulisan Pubmed (ftp://ftp.ncbnih.gov/pubmed/J_ Entrez.t xt).  Artikel dalam buku atau proceeding dicantumkan nama penulis. Tahun. judul tulisan.   Editor.   judul   buku.   Penerbit, tempat terbit. Beberapa contoh penulisan sumber acuan adalah sebagai berikut:
  5. TELADAN PENULISAN ARTIKEL BERKALA ILMIAH

Bentuk cetak

Nama   penulis.   Tahun   terbit.   Judul atikel. Nama Berkala Ilmiah. Volume(edisi):halaman.nomor doi.

Bentuk Elektronik

Nama penulis. Tahun terbit. Judul artikel. Nama berkala ilmiah [Internet]. Waktu pembaharuan; waktu unduh [diunduh tahun bulan tanggal]; volume (edisi):lokasi. Catatan. (cetak tebal merupakan bagian tambahan untuk mengacu melalui internet).

Penulis 1 orang

Sudirman LI. 2010. Partai purification of antimicrobial coumpounds isolated from mycelia of tropical Lentinus cladopus LC4. Hayati J Biosci. 17(2):63-67.doi:10.4308/hjb.17.2.63.

Bentuk acuan: … (Sudirman  2010)  atau Sudirman (2010) …

Penulis 2 orang

Satria A, Matsuda Y. 2004. Decentralization of fisheries management in Indonesia. Marpolicy. 28(5):437-450.

Bentuk acuan: … (Satria dan Matsuda 2004) atau Satria dan Matsuda (2004) …

Penulis 3-10 Orang

Anwar F, Khomsan A, Sukandar D, Riyadi H, Mudjajanto ES. 2006. High participation in the Posyandu nutrition program improved children nutritional status. Nur Res Pract. 4(3):208-2014. doi:10.4162/nrp.2010.4.3.208

Bentuk acuan:  …  (Anwar  et  al.  2006)  atau Anwar et al (2006) …

Penulis lebih dari 10 orang

Widjaja S, Winoto I, Sturgis J, Maroef CN, Listiyaningsih E, Tan R, Pamungkas J, Iskandriati D, Blair PJ, Sayuti D et al. 2010. Macaca nemestrina and dengue virus infectivity:  a potencial model for evaluating dengue vaccine candidats. Microbiol Indones. 4(2):49-54.

Bentuk acuan: … (Widjaja et al. 2010) atau widjaja et al. (2010) …

Penulis merupakan organisasi

[SSCCCP] Scandinavian Society for Clinical Chemistry and Clinical Physiologi Committee on Enzymes. 1976.Recommended method for the determination of y-glutamyltransferase in blood. Scand J Clin Lab Invest. 36(2):119-125

Bentuk acuan: … (SCCCP 1976) atau SSCCCP (1976) …

Atrikel tanpa penulis

Jika tidak ada nama penulis, judul artikel ditempatkan sebagai penulis. Tren kemasan praktis & inovatif. 2006. Food Rev Indones.1(1):19-21.

Bentuk acuan : … (Tren … 2006) atau Tren … (2006) …

Jenis artikel berupa editori

Smith KL. 1991. New dangers in our field [editorial]. Am J Nucl Eng. 13(1):15-16.

Bentuk acuan: … (Smith 1991) atau smith (1991) …

Jenis artikel berupa komunikasi singkat

Sosromarsono S. 1997. Tungau merah jeruk, Panonychus citri  (McGregor): pendatang baru di Indonesia [Komunikasi     singkat]. Bul  HPT.9(2):38-39.

Bentuk acuan: … (Sosromarsono 1997) atau Sosromarsono (1997) …

Jenis artikel berupa catatan penelitian

Darmadi  AAK,  Hartana  A,  Mogea  JP.  2002. Perbungaan salak [catatan penelitian]. Hayati. 9(2):59-61.

Bentuk acuan: … (Darmadi et al 2002) atau Darmadi et al (2002) …

Jenis artikel berupa ulas balik

Ilyas S. 2006. Seed treatments using matriconditioning to improve vegetable seed  quality  [ulas  balik].  Bul  Agron. 34(2):124-132.

Bentuk  acuan:  …  (Ilyas  2006)  atau  Ilyas (2006) …

Jenis artikel berupa ulasan

Gunawan AW. 1997. Status penelitian biologi dan budi daya jamur di Indonesia [ulasan]. Hayati. 4(3):80-84.

Bentuk   acuan:   …   (Gunawan   1997)   atau Gunawan (1997)  ...

Artikel dengan halaman terputus

Crews D, Gartska WR. 1981. The  ecological physiology of the garter snake. Sci Am. 245:158-64, 166-168.

Bentuk acuan: … (Crews and Gartska 1981) atau Crews and Gartska (1981) …

Terbitan sebagai sisipan, suplemen, edisi khusus

Rifai  MA.  1992.  Penggodokan  peneliti taksonomi tumbuhan siap pakai. Floribunda.1 sisipan 3:22-24.

Bentuk acuan: … (Rifai 1992) atau Rifai (1992) …

Judul artikel diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Setyaningsih D, Rahmalia R, Sugiyono. 2009. Kajian mikroenkapsulasi ekstrak vanili [The study on microencapsulation of vanilla extract]. J Teknol Indust Pert. 19(2):64-70.

Bentuk  acuan:  …  (Setyaningsih  et  al  2009) atau Setyaningsih et al (2009) …

Artikel cetak ulang

Young Ds. 1987. Implementation of SI units for clinical laboratory data: specification and conversion tables. Ann Intern Med. 106(1):114-129.  Cetak  ulang  dalam  J Nutr. 1990;120(1):20-35.

Bentuk acuan: … (Young 1987) atau Young (1987) …

Hasil  penelitian  yang  dipublikasikan, tetapi belum terbit

Priyarsono DS, Lestari TK, Dewi DA. 2010Mei. Industrialization and deindustrialization in Indonesia: a Kaldorian approach. JIEB, siap terbit.

Priyarsono DS, Lestari TK, Dewi DA. 2010Mei. Industrialization and deindustrialization in Indonesia: a Kaldorian approach. JIEB,forthcoming.

Bentuk acuan: … (Priyarsono et al. 2010) atau Priyarsono et al (2010) …

  1. b. TELADAN PENULISAN SUMBER ACUAN DARI BUKU

Nama Penulis [atau editor]. Tahun terbit. Judul Buku. Tempat terbit (kode Negara):Nama penerbit.

Buku

Satria A. 2009. Pesisir dan Laut untuk Rakyat. Bogor (ID): IPB Pr.

Bentuk acuan: … (Satria 2009) atau Satria (2009) …

Buku dengan editor

Nasoetion AH. 2002. Pola Induksi Seorang Eksperimentalis. Saefuddin A, editor. Bogor (ID): IPB Pr.

Bentuk  acuan:  …  (Nasoetion  2002)  atau Nasoetion ( 2002) …

Buku dengan lembaga atau organisasi sebagai penulis

[IPB] Instiut Pertanian Bogor. 2010. Panduan Program Pendidikan Sarjana Edisi Tahun 2010. Bogor (ID): IPB Pr.

 Bentuk  acuan:  …  (IPB  2010)  atau IPB (2010)

Buku terjemahan tanpa editor

Pelczar MJ Jr, Chan ECS. 1986. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Volume ke-1. Hadioetomo RS. Imas T, Tjitrosomo SS, Angka SL, penerjemah. Jakarta (ID): UI Pr. Terjemahan dari: Elements of Microbiology.

Bentuk acuan: … (Pleczar dan Chan 1986) atau Pleczar dan Chan (1986) …

Buku terjemahan dengan editor

Harth H, Craine LE, Hart DJ. 2003. Kimia Organik. Suatu Kuliah Singkat Achmadi SS, penerjemah; Safitri A, editor.  Jakarta  (ID):  Penerbit Erlangga. Terjemahan dari: Organic Chemistry. A Short Course. Ed ke -11.

Bentuk acuan: … (Hart et al. 2003) atau Hart et al. (2003) …

Buku berisi dengan judul volume yang sama

Wijayakusuma MH, Dalimartha S, Wirian AS. 1998. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia.Volume ke-1. Jakarta (ID): Pustaka Kartini.

Bentuk  acuan: … (Wijayakusuma et al. 1998) atau Wijayakusuma et al. (1998) …

Buku berisi dengan   judul   volume berbeda-beda

Wahyuni ES. 2007. The impact of migration on family structure and funcitioning in Java. Di dalam: Loveless AS, Holman TB,  editor.  The  Family  in  the New Millenium. World Voices Sipporting the “Natural” Clan. Volume 3. Strengthenine  the  Family. London (GB): Praeger. Hlm 220-243.

Bentuk acuan: … (Wahyuni 2007) atau Wahyuni (2007) …

  1. TELADAN PENULISAN SUMBER ACUAN DARI PROSIDING

Artikel dalam buku

Nama penulis. Tahun terbit. Judul artikel. Di dalam: Nama editor prosiding, editor. Judul Publikasi atau Nama Pertemuan Ilmiah atau keduanya; Waktu pertemuan   (Tahun bulan tanggal); Kota tempat pertemuan, nama Negara. Tempat terbit (kode Negara): Nama penerbit. Halaman artikel.

Artikel diunduh dari internet

Murdiyarso D. 2005. Sustaining local livelihoods through carbon sequestration activities. A search for practical and strategic approach. Di dalam: Murdiyarso D, Herawati H, editor. Carbon forestry, Who Will Benefit? Proceedings of Workshoop on Carbon Sequistration and Sustainable Livelihoods [Internet]. [Waktu dan Tempat pertemuan tidak diketahui]. Bogor (ID): CIFOR. Hlm 1-16; [diunduh 2010 Jan 7]. Tersedia pada: http://www.cifor.cgiar.org/publications/pdf_files/Books/BMurdiyarso0501.pdf

Bentuk acuan: … (Murdiyarso 2005) atau Murdiyarso (2005) …

Abstrak dalam buku

Nama penulis. Tahun terbit. Judul abstrak. Di dalam: Nama editor, editor. Judul Publikasi atau Nama Pertemuan Ilmiah atau keduanya; Waktu pertemuan; Kota tempat pertemuan, nama Negara. Tempat terbit (kode negara): Nama penerbit. Halaman abstr. Nomor abstr.

Rahayu G. 2010. Microbial aspects of agarwood prodaction in Indonesia. Di dalam: Book of Abstracts Harnessing the Power of Microbes for Better Food, Argo-Industry, Health, and Environment. International Seminar of Indonesia   Society for Microbiology; 2010 Okt 4-7; Bogor (ID): [Permi Cabang Bogor]. hlm 9. [No abstr tidak diketahui].

Bentuk  acuan: … (Rahayu 2010) atau Rahayu (2010) …

Skripsi, Tesis, Disertasi

Nama penulis . Tahun terbit. Judul [jenis publikasi]. Tempat institusi (kode negara): Nama institusi tempat tersedianya karya ilmiah tersebut.

Septiani D. 2011. Sintesis 1-(-2-hidroksifenil)-3-fenilpropana-1,3-dion dari o-hidroksiasetofenin dan benzoil klorida [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Bentuk acuan: … (Septiani 2011) atau Septiani (2011) …

Suharlina. 2010. Peningkatan Produktivitas  Indigofera sp. Sebagai pakan berkualitas tinggi melalui aplikasi pupuk organik cair dari limbah industri penyedap makanan [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Bentuk acuan: … (Suharlina 2010) atau Suharlina (2010) …

Mihasni. 2010. Eksistensi tradisi bajapuik dalam perkawinana masyarakat Pariaman Minangkabau Sumatera Barat [disertasi]. Bogor (ID):Institut Pertanian Bogor…

Bentuk acuan: … (Maihasni 2010) atau Maihasni (2010) …

 

  1. LAINNYA

Bibliografi

                        Bibliografi merupakan koleksi referensi yang disusun dengan tujuan            mengumpulkan suatu subjek yang khusus. Pengacuan sebagai sumber informasi hamper sama dengan buku, meskipun ada beberapa perkecualian.

Nama penulis, penghimpunan. Tahun terbit. Judul [bibliografi]. Tempat terbit (kode negara): Nama penerbit. Catatan

Mikrofilm

Heath DF. 1961. Organosphosphorus poisons: anticholinesterases and related compounds [mikrofilm]. Elmsford (US): Microforms International; 1 rol:16 mm.

Bentuk acuan: … (Heath 1961) atau Heath (1961) …

Paten

Nama penemu paten, kata “penemu”; lembaga pemegang paten. Tanggal publiaksi paten ( tahun bulan tanggal). Judul paten. Nama negara yang memberikan paten [spasi] kode negara [spasi] nomor paten.

Surat kabar

Nama penulis . Tanggal terbit (tahun bulan tanggal). Judul. Nama surat Kabar. Informasi Seksi, jika ada, menggantikan volume dan edisi:Nomor halaman awal artikel(nomor kolom).

Dokumen

[IPB] Institut Pertanian Bogor. 2000. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2000 tentang Penetapan Institusi Pertanian Bogor  sebagai Badan Hukum Milik Negara. Bogor (ID): IPB.

Bentuk acuan: … (IPB 2000) atau IPB (2000) …

 

TABEL DAN GAMBAR

  1. a) Tabel dan Gambar harus memberikan informasi yang jelas, utuh dan bersifat independen (memberikan informasi utuh dan jelas meskipun dibaca tanpa teks naskah).
  2. b) Judul berupa kalimat singkat, jelas dan informatif. Huruf kapital hanya digunakan pada awal kata pertama judul.
  3. c) Judul Tabel diletakkan di atas Tabel (spasiantara judul dan tabel 0.5 cm), sedangkan untuk judul Gambar diletakkan di bawah Gam Tabel dan Gambar diberi nomor urut dengan angka arab (1, 2, 3, ..). (Contoh : Tabel 1. Xxx, Gambar 1. Xxx).
  4. d) Font dalam Tabel dan Gambar meng-gunakan Times New Roman dengan ukuran 10 pt.
  5. e) Garis pemisah dibuat dalam bentuk horizontal (mendatar) terdiri atas tiga garis, yaitu dua pada bagian atas (judul kolom) dan satu pada penutup tabel, serta tidak diperkenankan  meng-gunakan garis vertikal pada tabel.
  6. f) Setiap singkatan atau symbol yang digunakan dalam table selalu diberi keterangan di bawah table sebagai penjelasan singkat singkatan atau simbol tersebut.
  7. g) Sumber berisi tentang nama lembaga dan tahun diterbitkannya [Contoh: Kementerian Perdagangan (2018)], ditulis tepat di  bawah  tabel  maupun  gambar. Font sumber menggunakan Times New Roman dengan ukuran 10 pt.

 

KETENTUAN TAMBAHAN

  1. Penulisan angka decimal dalam tabel untuk bahasa Indonesia dan bahasa inggris dipisahkan dengan titik (.).
  2. Penulisan angka desimal dibatasi tiga angka dibelakang koma (Contoh: 0.259)
  3. Penulisan angka ribuan untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan spasi
  4. Penulisan persentase ditulis dengan kata “persen”.
  5. Heading:
  6. Heading, diketik kapital, di-tebalkan, diletakkan di tengah; meliputi ABSTRACT, PENDAHULUAN, METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH, DAFTAR PUSTAK
  7. Sub-heading, diketik mengguna-kan  huruf kapital pada awal kata, diletakkan di tengah dan ditebalkan
  8. Sub-sub-heading, diketik menggunakan huruf kapital hanya pada awal kalimat, diletakkan di awal paragraf, ditebalkan, dan diikuti titik. Teks diketik dua ketuk setelah judul sub-sub-headin

 

PENYERAHAN ARTIKEL

  1. Artikel dikirim sebanyak dua eksemplar: satu dilengkapi nama, alamat e-mail, dan nama institusi; sedangkan satu eksemplar lainnya tanpa nama, e-mail, dan institusi untuk dikirim kepada mitra bestari untuk dilakukan blind revie
  2. Artikel dikirim   kepada   Redaksi   Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, Email: jurnal_ie@yahoo.co.id

PROSES PENENTUAN DAN PENERBITAN NASKAH

  1. Penentuan layak  tidaknya  naskah  yang akan dipublikasikan, ditentukan oleh Dewan Penyunting Ahli JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN.
  2. Naskah yang ditelaah adalah naskah yang memenuhi aturan penulisan JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN.
  3. Penulis berkewajiban memperbaiki naskah sesuai saran dari penelaah.
  4. Hak cipta naskah yang dimuat milik JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN.


Proses penelaahan naskah mulai dari pengajuan hingga penerbitan naskah seperti alur berikut:

 

 

 

Catatan:

  1. Naskah yang masuk ke Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan akan melalui tahap screanning oleh editor, jika hasil screanning melebihi ketentuan yang ditetapkan oleh JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN maka naskah akan ditolak dan dikembalikan kepada penulis.
  2. Apabila hasil sreanning kurang dari ketentuan yang ditetapkan oleh JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN maka naskah akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu tahap review oleh reviewer.
  3. Pada tahap ini reviewer akan mereview naskah yang lolos tahap screanning, hasil review tersebut akan dikirimkan oleh reviewer kepada editor untuk disampaikan kepada penulis bahwa naskah tersebut membutuhkan revisi.
  4. Editor akan mengirimkan naskah yang sudah di review oleh reviewer untuk direvisi sesuai dengan hasil review kepada penulis.
  5. Penulis yang sudah merevisi naskahnya mengirimkan hasil revisi kepada editor untuk di screanning ulang.
  6. Hasil revisi yang sudah di screanning ulang oleh editor dikembalikan lagi ke reviewer, apakah hasil revisi dari penulis sudah benar dan sesuai dengan hasil review sebelumnya.
  7. Pada tahap ini review berhak memutuskan apakah naskah tersebut layak untuk terbit atau masih membtuhkan revisi. Naskah hasil perbaikan penulis berdasarkan hasil penelaahan reviewer akan diperiksa oleh penyunting ahli Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan berdasarkan kom-petensi masing-masing. Prersetujuan penerbitan dilakukan berdasarkan pertimbangan reviewer dan kualitas hasil perbaikan penulis sesuai saran dari reviewer:
  8. Jika reviewer memutuskan naskah masih membutuhkan revisi maka naskah akan dikembalikan oleh reviewer ke editor yang kemudian akan dikembalikan oleh editor ke penulis untuk melakukan revisi ulang.
  9. Jika reviewer memutuskan naskah tersebut layak untuk diterbitkan maka naskah akan dilanjutkan ke tahap berikutnya oleh editor. Tahap ini adalah tahap final, setelah reviewer dan chief editor memutuskan bahwa naskah tersebut layak terbit maka technical editor akan menaikan status naskah tersebut ke penerbitan.

 

“Penguploadan naskah dilengkapi dengan surat pernyataan”