Editorial dan Kelengkapan Jurnal

  • Mohamad Rafi Pusat Studi Biofarmaka Tropika, Institut Pertanian Bogor, Indonesia

Abstract

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan terbitnya Jurnal Jamu Indonesia Volume 1 No 3 oleh Pusat Studi Biofarmaka Tropika IPB sebagai media diseminasi penelitian terkait jamu Indonesia. Jurnal ini diharapkan dapat menambah informasi menyeluruh tentang jamu dari kegiatan hulu hingga hilirnya.

Jamu merupakan warisan budaya Indonesia dan telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Jamu merupakan istilah lain dari obat herbal yang terbuat dari tumbuhan obat segar atau kering di Indonesia untuk kesehatan dan kecantikan. Penggunaannya saat ini menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat dan tren ini juga tampak dalam skala global. Seiring dengan banyaknya penelitian mengenai Jamu, hasil kajian yang diperoleh akan memerlukan wadah diseminasi agar dapat diakses oleh pihak yang memerlukan.

Jurnal Jamu Indonesia dapat menjadi fasilitas bagi para peneliti dan ilmuwan untuk memudahkan pendistribusian informasi ilmu pengetahuan mengenai jamu melalui tulisan-tulisan yang dapat dipublikasi. Semua hasil karya tersebut akan diarsipkan sebagai dokumentasi berharga demi terjaganya informasi yang dapat menjadi sumber pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan. Jurnal Jamu Indonesia Volume 1 No 3 ini berisi tentang penelitian mengenai aromaterapi minyak kayu putih, aspek budidaya keladi tikus, jejaring farmakologi dalam memprediksi senyawa bioaktif dan kajian antibakteri ekstrak daunĀ Lasianthus.

Mohamad Rafi

Ketua Dewan Redaksi

Published
2016-12-30