Pengaruh Budaya Organisasi dan Kohesivitas Kelompok Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Bank BNI Syariah

  • Fitri Fajriyanti Sekolah Bisnis, IPB University
  • Nurmala K Panjaitan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University
  • Sadikin Kuswanto Sekolah Bisnis, IPB University

Abstract

PT Bank BNI Syariah, in achieving its targets and the company goals, it required qualified human resources (HR), which were capable of synergizing among fellow employees. This study was analyzing the influence of organizational culture and group cohesiveness on employee job satisfaction. A quantitative approach and purposive sampling technique was used to interview respondents. The Data were analyzed by Partial Least Square (PLS). The results of PLS analysis showed that applying organizational culture and increasing group cohesiveness could increase job satisfaction. Organizational culture had a significant positive effect on job satisfaction. In this case, organizational culture played an important role in increasing job satisfaction. Since employees who were able to understand and apply organizational culture in a good manner will deliver job satisfaction. Organizational cultural value guided employees to behave so that its application influenced employee behavior that leads to the creation of job satisfaction. Group cohesiveness had a significant positive effect on job satisfaction. It affected employee job satisfaction; the higher group cohesiveness gave better job satisfaction. Moreover, organizational culture also had a significant positive influence on group cohesiveness.

Keywords: cohesiveness, job satisfaction, organizational culture, PLS, Sharia Commercial Banks

Abstrak: PT Bank BNI Syariah dalam mencapai targetnya sendiri dan tujuan perusahaan, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang mampu bersinergi di antara sesama karyawan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kekompakan kelompok terhadap kepuasan kerja karyawan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih responden. Data dianalisis dengan bantuan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis PLS menunjukkan bahwa menerapkan budaya organisasi dan meningkatkan keterpaduan kelompok dapat meningkatkan kepuasan kerja. Budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Dalam hal ini, budaya organisasi memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan kerja karena karyawan yang mampu memahami dan menerapkan budaya organisasi dengan baik akan memberikan kepuasan kerja. Nilai budaya organisasi memandu karyawan dalam berperilaku, sehingga penerapannya akan memengaruhi perilaku karyawan yang mengarah pada terciptanya kepuasan kerja. Keterpaduan kelompok memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Ini akan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan; semakin tinggi keterpaduan kelompok, semakin baik kepuasan kerja karyawan. Selain itu, budaya organisasi juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kekompakan kelompok.

Kata kunci: kohesivitas, kepuasan kerja, budaya organisasi, PLS, Bank Umum Syariah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-06
How to Cite
FajriyantiF., PanjaitanN. K., & KuswantoS. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kohesivitas Kelompok Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Bank BNI Syariah. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 5(3), 465. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.465