AQ-1 Mengenal Telur Spesific Pathogen Free (SPF) Sebagai Salah Satu Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina

Ambar Retnowati, Dona Sondang

Abstract


Telur SPF (Specific Pathogen Free) sejauh ini diandalkan oleh industri produsen vaksin hewan untuk memproduksi vaksin unggas. Pasalnya, telur SPF merupakan media yang sangat baik untuk membiakkan virus calon vaksin vaksin ayam terutama untuk memproduksi vaksin aktif, karena telur SPF benar - benar bebas dari patogen yang bisa menginfeksi ayam. Telur ayam yang dihasilkan dari ayam SPF akan aman jika dipakai sebagai media produksi vaksin, sehingga vaksin yang dihasilkan bebas dari cemaran patogen yang tidak diharapkan  (Gagnieur et.al., 2014)

Telur SPF akan menghasilkan titer yang lebih tinggi dari telur biasa. Selain itu, penggunaan telur SPF untuk produksi vaksin live merupakan kewajiban, sesuai standar OIE (Organisasi Kesehatan Hewan Dunia). ”Berdasarkan standar OIE, telur SPF yang digunakan untuk produksi vaksin harus bebas dari 18 patogen yang infectious terhadap ayam, dan untuk melakukan uji bebas patogen tersebut, dapat digunakan metode yang disarankan oleh OIE, antara lain uji AGPT , ELISA , HI test , SN test , dan lainnya ( OIE, 2000).

Indonesia merupakan konsumen yang cukup besar bagi produsen vaksin import, dimana untuk vaksin New Castle Disease saja membutuhkan 2 milliar dosis per tahun untuk peternakan broiler komersil bila divaksinasi 2 kali saja, sedangkan pabrik vaksin di Indonesia sangat sedikit jumlahnya, yang melayani pangsa pasar ternak ayam komersil.  Pemerintah Indonesia bertanggung jawab terhadap program vaksinasi ND  dan pengadaan vaksin membantu peternak kecil atau menengah ( Pastoret et.al., 1997)


Full Text:

PDF