AEVI-26 Investigasi Outbreak Suspek Bovine Tuberculosis (bTB) pada Sapi Perah di Peternakan X Di Kabupaten Bogor Tahun 2018

Tri Juwianto, Eka Mahpudin, Aprizal Panus, Ali Rahmawan, . Sodirun

Abstract


Bovine Tubercullosis (bTB) adalah penyakit infeksius yang disebabkan oleh Mycobacterium bovis yang ditandai dengan terlihatnya lesi granulomatous (tuberkel) pada paru-paru dan limponodus (Berg et al, 2009). Penyakit ini menyebabkan penurunan produksi dan kerugian ekonomi secara signifikan. Selain itu infeksi penyakit ini juga dapat ditularkan dari hewan ke manusia melalui konsumsi susu atau daging yang terkontaminasi bakteri M. Bovis. Berdasarkan hasil penelitian Halderman (2001) menunjukkan kasus infeksi Tuberculosis (TB) pada manusia di Afrika sebesar 10% disebabkan oleh M. Bovis. Sedangkan di Amerika Latin sebesar 2,5% (Ameni et al, 2007).

  Bogor adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki tipe morofologi wilayah yang bervariasi, dari dataran yang relatif rendah di bagian utara hingga dataran tinggi di bagian selatan. Suhu udara di Kabupaten Bogor rata-rata berkisar antara 22,7O-31,6O C dengan curah hujan yang tinggi. Kondisi geografis dengan suhu yang dingin (agroklimat) sangat sesuai untuk habitat sapi perah. Kabupaten Bogor berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan susu nasional melalui pengembangan usaha peternakan sapi perah, diantaranya adalah Kecamatan Cisarua dan Megamendung yang memiliki suhu berkisar 17,85O-23,91OC (rata-rata 20O C). Usaha peternakan sapi perah di daerah tersebut memliki peluang pasar yang cukup besar dan pada saat ini populasi sapi perah di Kabupaten Bogor diperkirakan mencapai kurang lebih 7.000 ekor .

                Selama ini prevalensi kasus  bTB pada sapi perah di Kabupaten Bogor belum pernah diketahui dan juga belum pernah dideteksi, sedangkan  laporan kematian sapi perah dengan pemeriksaan menunjukkan perubahan anatomi yang mengarah ke bTB sudah beberapa kali ditemukan. Dikhawatirkan penyakit akan menular dan menyebar ke sapi lain dan juga ke manusia (Radostitset all, 2002). Tuberkulosis zoonotik dapat menjadi ancaman utama bagi kesehatan masyarakat, tetapi belum ada informasi mengenai kejadian penyakit TB zoonotik dan faktor risikonya pada hewan di Indonesia (Daulay, 2015).

Investigasi ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui dan mendeteksi kasus suspek bTB pada sapi perah disuatu peternakan di Kabupaten Bogor. Sebanyak 7 kali investigasi dilakukan pada kasus kematian 10 ekor sapi perah dari peternakan X dengan populasi 200 ekor dalam waktu yang berbeda selama periode Pebruari-Agustus 2018.


Full Text:

PDF