AEVI-20 Investigasi Outbreak Jembrana Disease pada Sapi Bali di Jorong Loban Bungkuk Nagari Tanjung Bonai Aur Kec. Sumpur Kudus Kab. Sijunjung Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016

. Katamtama, Yani Sugiarti, Dwi Inarsih, Rina Hartini

Abstract


Penyakit jembrana (JD) adalah penyakit menular akut pada sapi Bali yang disebabkan oleh Retrovirus, keluarga lentivirinae yang termasuk dalam famili retroviridae. Sejauh ini penyakit Jembrana (JD) hanya terkenal di Indonesia dan hanya menyerang sapi bali. Wabah pertama terjadi tahun 1964 – 1967 dikabupaten Jembrana, Gianyar, Klungkung, Badung, Tabanan, dan Buleleng adalah wabah terbesar. Daerah yang pernah melaporkan adanya wabah akan menjadi daerah enzootic yang mengalami kasus sporadik sepanjang tahun. Sapi yang terserang berumur lebih dari 1 tahun dan yang terbanyak 4 – 6 tahun dan jenis kelamin tidak memengaruhi kejadian penyakit ini. (Direktorat kesehatan Hewan, 2015)

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti sumber infeksi dari penyakit jembrana ini. Peranan vector : lewat penyakit insect born, Ex : Culicoides sp dan nyamuk.

Tujuan penyidikan adalah untuk meneguhkan diagnosa kasus dengan mengumpulkan data dan informasi, pemeriksaan ternak, melakukan pengambilan dan pengujian sampel. Kemudian mengidentifikasi kemungkinan sumber rute infeksi, faktor resiko, serta pemberian saran tindakan pengendalian.


Full Text:

PDF