<p class="MsoNormal" style="margin-bottom:.0001pt;text-align:justify;line-height:normal;"><span style="font-size:9pt;">Produksi perikanan di dunia sebesar 50% berasal dari perikanan budidaya dan kira-kira 98% diantaranya dihasilkan di Asia termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk rnelihat gambaran umum dari budidaya ikan mas dan pennasalahannya di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan menggunakan data statistik tahunan dan data primer</span><span style="font-size:9pt;">.</span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-bottom:.0001pt;text-align:justify;line-height:normal;"><span style="font-size:9pt;">Budidaya ikan mas di Indonesia biasanya dilakukan di kolam, keramba dan sawah. Jenis ikan mas lokal di Indonesia adalah <em>Sinyonya, Cumpai, Ksnaadomss, Punten, dan MSjslsya, </em>sedangkan ikan mas <em>yang </em>berasal dari hasil silangan yaitu <em>Kuningan, Sutisna,Rsjsdanu. </em>Kedua jenis hasil silangan ini <em>diintroduksi </em>di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom:.0001pt;text-align:justify;line-height:normal;"><span style="font-size:9pt;">Masalah utama yang dialami dalam budidaya ikan mas di Indonesia adalah tingkat produksi <em>yang </em>masih rendah. yang disebabkan oleh input teknologi pakan. dan kualitas yang rendah sebagai akibat<em> </em>penurunan kualitas lingkungan. Masalah <em>yang </em>lain adalsh halga berfluktuasi</span><span style="font-size:9pt;font-family:HiddenHorzOCR;"> </span><span style="font-size:9pt;">harga yang diterima<em> </em>oleh pembudidaya <em>yang </em>rendah. keterbatasa infrastruktur pasar dan kurangnya dukungan dari<em> </em>lembaga keuangan.</span></p> <p class="MsoNormal" style="text-align:justify;"><span style="font-size:9pt;line-height:115%;"> </span></p>

  • Tjahjo Tri Hartono
  • Zahri Nasution

Abstract

Produksi perikanan di dunia sebesar 50% berasal dari perikanan budidaya dan kira-kira 98% diantaranya dihasilkan di Asia termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk rnelihat gambaran umum dari budidaya ikan mas dan pennasalahannya di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan menggunakan data statistik tahunan dan data primer.

Budidaya ikan mas di Indonesia biasanya dilakukan di kolam, keramba dan sawah. Jenis ikan mas lokal di Indonesia adalah Sinyonya, Cumpai, Ksnaadomss, Punten, dan MSjslsya, sedangkan ikan mas yang berasal dari hasil silangan yaitu Kuningan, Sutisna,Rsjsdanu. Kedua jenis hasil silangan ini diintroduksi di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Masalah utama yang dialami dalam budidaya ikan mas di Indonesia adalah tingkat produksi yang masih rendah. yang disebabkan oleh input teknologi pakan. dan kualitas yang rendah sebagai akibat penurunan kualitas lingkungan. Masalah yang lain adalsh halga berfluktuasi harga yang diterima oleh pembudidaya yang rendah. keterbatasa infrastruktur pasar dan kurangnya dukungan dari lembaga keuangan.

 

Downloads

Download data is not yet available.